PERILAKU HIDUP SEHAT


PENGERTIAN POLA HIDUP SEHAT?

 

Pengertian pola hidup sehat adalah Upaya setiap orang yang ingin selalu sehat, yaitu dengan memperhatikan gaya hidup sehat agar tubuh selalu terhindar dari berbagai macam penyakit. Tidak cukup hanya mengetahuinya saja tetapi kalian juga harus mempraktekkannya. Sedangkan Menurut Kotler, pola hidup sehat yaitu gambaran dari aktivitas atau kegiatan yang di dukung oleh minat, keinginan dan bagaimana pikiran menjalaninya dalam berinteraksi dengan lingkungan. Tentunya terhadap hal-hal yang baik.

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI POLA HIDUP SEHAT, yaitu :

1.  Pola Perilaku
Pola perilaku akan selalu berbeda dalam situasi dan lingkungan social yang berbeda, dan senantiasa berubah, tidak ada yang menetap. Gaya hidup individu yang dicirikan dengan pola perilaku individu akan memberikan dampak pada kesehatan individu dan juga pada kesehatan orang lain. Dalam kesehatan, gaya hidup seseorang dapat diubah dengan cara memberdayakan individu agar merubah gaya hidupnya, tetapi merubahnya bukan pada individu saja, tetapi juga merubah lingkungan sosial dan kondisi kehidupan yang mempengaruhi pola perilakunya.

2.  Perubahan Gaya Hidup
     Berjalan seiring pertumbuhan ekonomi, sosial budaya teknologi yang gejala negatifnya sudah banyak dirasakan saat sekarang ini, seperti kurang gerak secara fisik, perilaku merokok, napza, minuman keras, gizi lebih, kurang sayur, kurang istirahat dan lain-lain.

a.   Kebiasaan Merokok
Sesuai dengan survey Sosial Ekonomi Nasional ( SUSENAS ) 2004, merokok dimulai pada remaja umur 10 tahun, dan pada umur 15 sampai 19 tahun menduduki pada angka 60 % sebagai perokok, 91 % para perokok mempunyai kebiasan merokok dirumah. Pada saat ini terdapat sekurang-kuarangnya 43 juta kaum ibu dan anak-anak yang terpapar asap rokok sebagai perokok pasif yang dapat menjadi faktor resiko penyakit tidak menular (PTM) lainya.

b.   Kurang Gerak Fisik
Perilaku aktivitas fisik kurang gerak secara nasional untuk penduduk usia 15 tahun keatas hanya 9 % saja mereka yang melakukan olahraga untuk kesehatannya. Menurut WHO 43 % penyakit yang ada, ada kaitanya dengan unsur kurang gerak.

          c.   Pola Makan Tidak Seimbang

              Pola makan yang tidak seimbang banyak dialami oleh masyarakat kita dan yang paling buruk adanya data kurang serat, kurang sayur dan buah mencapai 99 %. Masalah kegemukan atau obesitas sudah mulai dialami oleh anak-anak yang mencapai 11%.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K)